Workshop untuk Dorong Implementasi Pendidikan Karakter

Workshop dengan tema "Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa" tahap pertama telah dibuka. Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan kegiatan ini sebagai rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional 2010.

"Tujuan Workshop ini untuk mengimplementasikan konsep-konsep tentang pendidikan karakter bangsa", kata Diah Harianti, Kepala Pusat Kurikulum setelah membuka workshop untuk tingkat sekolah dasar (SD) tersebut, hari ini (10/06), di Gedung C, Lantai 3, kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan program-program pendidikan karakter dan budaya bangsa, yang terintegrasi dalam kurikulum sekolah. "Karena kami ingin semua pengembangan yang dilakukan tak lepas dari kurikulum, dan perencanaannya serta pelaksanaannya di sekolah nanti harus sudah jadi satu antara pengembangan kurikulum yang dilakukan maupun dengan pendidikan karakter bangsa," kata Diah menerangkan.

Pendidikan karakter dan budaya bangsa rencananya akan selesai diterapkan di seluruh sekolah pada 2014. Diah menilai target ini sangat berat. Karena itu, pihaknya akan mendahulukan kegiatan yang bisa dikerjakan terlebih dulu seperti budaya bersih, baik bersih diri maupun menciptakan lingkungan yang nyaman. "Setelah itu baru kita melangkah ke berikutnya misalnya disiplin, jujur, dan sebagainya," ucap Diah. ***

Sumber: Kemdiknas

This entry was posted on Saturday, June 12, 2010 and is filed under , , . View Comments
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails