Pelatihan Pendidikan Karakter untuk Seribu Orang Pelopor

Diah Harianti, Kepala Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional menerangkan,untuk menjalankan pendidikan karakter dan budaya bangsa, akan dilaksanakan pelatihan bagi 1.000 orang. Mereka diharapkan menjadi pelopor yang bisa mendiseminasikan ide-ide tentang karakter ini ke seluruh Tanah Air.

"Selain itu, tahun ini kami juga akan melakukan uji coba kepada 125 sekolah," ujarnya, seusai pembukaan Workshop dengan tema "Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa" tahap pertama, Kamis (10/06), di Gedung C, Lantai 3, kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta. Tingkatannya dari mulai sekolah untuk pendidikan anak usia dini, hingga SMS/SMK di seluruh Indonesia. "Uji coba ini kita gunakan sebagai contoh."

Workshop rencananya akan diselenggarakan lima tahap. Tahap pertama untuk SD pada 10-12 Juni, tahap II untuk SMP pada pekan keempat Juni, tahap III untuk PAUD pada Juli, untuk SMA dan SMK pada Agustus 2010, bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Peserta berasal dari sekolah di DKI Jakarta. "Kalau di DKI saja belum beres, saya kira nanti tidak bisa dijadikan contoh," katanya.

Murliati, Kepala SDN Bendungan Hilir 12 menyambut baik workshop ini, karena pembangunan karakter atau pembangunan pendidikan sangat penting dimiliki semua guru, yang kemudian akan diimbaskan ke peserta didik. ***

Sumber: Kemdiknas

This entry was posted on Saturday, June 12, 2010 and is filed under , , . View Comments
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails