"Sahabat" Menangkan Sayembara Penulisan

pusbukJAKARTA - Cerita pendek berjudul "Sahabat" menjadi pemenang pertama Sayembara Penulisan naskah Buku Pengayaan 2010 untuk kategori Pengayaan Kepribadian (fiksi) Cerita Anak tingkat sekolah dasar (SD)/MI. Buah karya Suparni dari Jawa Tengah ini berhasil menyisihkan "Keluarga Pelangi" dan "Kidung Masa Kecil" yang menempati urutan kedua dan ketiga, pada kategori ini.

Untuk prestasi itu, Suparni berhak atas hadiah senilai Rp21 juta. Sedang pemenang kedua dan ketiga masing-masing meraih hadiah Rp20 juta dan Rp19 juta. Pengumuman pemenang sayembara penulisan buku ini dilakukan di TVRI, Rabu (9/6).

Sayembara digelar Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak 1988. Sayembara Penulisan Buku Pengayaan ini bertujuan menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan, baik formal maupun nonformal serta mengarahkan pada upaya memajukan pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tahun 2010 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-23. Selama kurun waktu tersebut, sayembara ini telah menyeleksi sebanyak 11.698 naskah yang ditulis oleh pendidik dan tenaga kependidikan. Sampai dengan 2005, sebanyak 387 judul naskah pemenang periode tahun 1988-2005 diterbitkan.

Sayembara tahun ini mengusung tema "Membangun Manusia Indonesia yang Religius, Cerdas, Bermartabat, Mandiri, dan Kompetitif di Era Global". Naskah yang disampaikan langsung melalui pos yang telah diterima panitia sampai batas waktu yang ditentukan sebanyak 1.136 judul, dari 31 provinsi. Provinsi yang sama sekali tidak mengirimkan naskah adalah, Maluku Utara dan Papua Barat. (aline) ***

Sumber: Kemdiknas

This entry was posted on Thursday, June 10, 2010 and is filed under , , . View Comments
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails