Tiga Peserta Sayembara Penulisan Buku Dieliminasi

kemendiknasJakarta --- Sebanyak tiga peserta sayembara penulisan buku tahun ini, yang bertema "Membangun Manusia yang Religius, Cerdas, Bermartabat, Mandiri, dan Kompetitif di Era Global" tereliminasi. Eliminasi dilakukan setelah dewan juri mewawancarai 47 orang calon pemenang.

Juri menemukan ada tiga naskah tidak orisinal. "Setelah diundang wawancara ada tiga orang yang gugur," kata Sugiyanto, Kepala Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, ketika bertatap muka dengan Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal, bersama 44 pemenang sayembara penulisan buku, Selasa (8/10) di kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.

Para pemenang itu berasal dari beberapa provinsi. Dari DKI Jakarta dua orang, Jawa Barat 9 orang, Jawa Tengah 13 orang, Yogyakarta 6 orang, Jawa timur 6 orang, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur masing-masing 1 orang. Selanjutnya dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat masing-masing 1 orang, Sumatera barat 1 orang, Banten 1 orang, Jambi 1 orang dan Nanggroe Aceh Darussalam 1 orang.

Juri memutuskan, pemenang I sebanyak 13 orang, pemenang II 15 orang dan pemenang III sebanyak 16 orang. Pemenang I mendapat hadian Rp21 juta, pemenang II Rp20 juta, dan pemenang III Rp19 juta. Pemenang sayembara ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan antara lain tentang konten, materi, penyajiannya dan bahasa.

Pada kesempatan itu, Fasli menghimbau kepada 44 penulis untuk tak berhenti berkreasi. "Kita akan merasa perlu mengalirkan ide-ide ini ke percetakan ataupun kepada siapa saja yang berminat, atau memasukkan ke dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE), untuk menambah jumlah yang bisa diakses," ucapnya. Dia menambahkan,"kita ingin juga rekan-rekan bahu-membahu karena memang menulis juga memerlukan pertemuan-pertemuan." (nasrul) ***

Sumber: Kemendiknas

This entry was posted on Wednesday, June 09, 2010 .
Related Posts with Thumbnails